PEMERINTAH KABUPATEN KARANGANYAR |
|
|
|
DINAS PENDIDIKAN,
PEMUDA DAN OLAH RAGA |
|
|
SMP NEGERI 2
MOJOGEDANG |
|
|
JL. RAYA
MOJOGEDANG – KARANGANYAR Telp.
0271-7005680 |
|
|
|
|
|
PREDIKSI UJIAN
SEKOLAH |
|
|
TAHUN PELAJARAN
2015 / 2016 |
|
|
Mata
Pelajaran |
: PKn |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas |
|
: IX ( Sembilan ) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Umum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Tuliskan terlebih dahulu
nama, kelas dan nomor tes pada lembar jawab ! |
|
|
|
2. |
Bacalah dengan baik
setiap soal sebelum anda mengerjakan ! |
|
|
|
|
|
3. |
Pilihlah dan kerjakan
terlebih dahulu soal - soal yang anda anggap mudah ! |
|
|
|
4. |
Periksa kembali
pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas ! |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I.
Berilah tanda silang (X) pada a,b,c atau d pada jawaban yang anda anggap
paling benar ! |
1. |
Dalam
kehidupan masyarakat berlaku norma yang berdasarkan pada keyakinan hati untuk
melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Tuhan ialah …. |
|
|
|
|
A. |
Norma Agama |
|
|
|
C. |
Norma Kesopanan |
|
|
|
|
|
|
B. |
Norma Kesusilaan |
|
|
D. |
Norma Hukum |
|
|
|
|
|
|
2. |
Perhatikan pernyataan di
bawah ini ! |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Menghilangkan nyawa
orang lain dipidana penjara |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Melanggar lampu lalu
lintas dikenakan tilang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Meludah disembarang
tempat tidak dibenarkan |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Melakukan korupsi dapat
dipidana penjara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari pernyataan di atas
yang termasuk norma hukum ialah …. |
|
|
|
|
|
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
3, 4 dan 1 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
D. |
1, 2 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
3. |
Sidang
pengadilan Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor ) seorang penduduk dari terdakwa
mengajukan protes dengan kata - kata kotor dan sumpah serapah, perilaku
tersebut melanggar norma …. |
|
|
|
|
|
|
A. |
agama |
|
|
|
|
C. |
kesopanan |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
kesusilaan |
|
|
|
|
D. |
hukum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Perhatikan pernyataan di
bawah ini ! |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Lahirnya negara Republik
Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Berakhirnya tata hukum
kolonial |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Hancurnya pemerintahan
Jepang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Berlakunya tata hukum
nasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari pernyataan di atas
arti penting Proklamasi Kemerdekaan ialah …. |
|
|
|
|
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
3, 4 dan 1 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
D. |
1, 2 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
5. |
Perhatikan pernyataan di
bawah ini ! |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Berjuang demi keunggulan
bangsa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Mempertahankan
kemerdekaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Mengisi kemerdekaan
dengan pembangunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Menikmati hasil
perjuangan pahlawan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari
pernyataan di atas, yang menunjukkan sikap positif terhadap proklamasi
kemerdekaan bangsa Indonesia ialah …. |
|
|
|
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
1, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2 dan 4 |
|
|
|
D. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
6. |
Proklamasi
kemerdekaan memberikan kebebasan Bangsa Indonesia untuk mengatur pemerintahan
berdasar pada konstitusi, Tujuan Bangsa Indonesia secara terinci termaktub
dalam … |
|
|
|
|
|
|
A. |
Pembukaan UUD 1945 |
|
C. |
Penjelasan UUD 1945 |
|
|
|
|
|
B. |
Batang Tubuh UUD 1945 |
|
D. |
Aturan Tambahan UUD 1945 |
|
|
|
7. |
Perhatikan pernyataan di
bawah ini ! |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
belajar dengan giat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
meningkatkan prestasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
mengikuti kegiatan pemilu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
mematuhi peraturan
sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari
pernyataan di atas, yang menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi
kemerdekaan bangsa Indonesia, bagi seorang pelajar ditunjukkan pada nomor …. |
|
|
|
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
1, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2 dan 4 |
|
|
|
D. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
8. |
Kemerdekaan
berserikat, berkumpul dan mengemukakan pendapat baik secara lisan maupun
secara tulisan, adalah kebebasan …. |
|
|
|
|
A. |
kebebasan mengemukakan
pendapat yang tidak dibatasi |
|
|
|
|
|
|
B. |
kebebasan mengemukakan
pendapat yang dibatasi kewajiban |
|
|
|
|
|
C. |
kebebasan mengemukakan
pendapat yang dibatasi pemerintah |
|
|
|
|
|
D. |
kebebasan mengemukakan
pendapat yang dibatasi undang - undang |
|
|
|
9. |
Perhatikan bentuk -
bentuk penyampaian pendapat di bawah ini ! |
|
|
|
|
|
|
1 |
aspirasi demonstrasi
anarkhi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
aspirasi organisasi
profesi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
aspirasi secara langsung |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
aspirasi lewat media masa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
aspirasi melalui
perwakilan rakyat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penyampaian pendapat
secara bertanggung jawab ditunjukkan pada nomor …. |
|
|
A. |
1, 2, 3 dan 4 |
|
|
|
C. |
1, 3, 4 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2, 4 dan 5 |
|
|
|
D. |
2, 3, 4 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
10. |
Dalam
pelaksanaan demokrasi Pancasila di sekolah, pendapat seorang pelajar dapat
disampaikan secara bebas dan bertanggung jawab di sekolah dengan cara … |
|
|
A. |
melaporkan kepada pihak
yang berwajib |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
melakukan demontrasi
siswa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. |
menyampaikan melalui OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. |
menulis surat kaleng
kepada sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11. |
Pancasila
adalah dasar negara Republik Indonesia, sehingga mempunyai peran yang sangat
penting. Hal ini mengandung pengertian bahwa Pancasila menjadi …. |
|
|
A. |
mempersatukan bangsa
Indonesia serta memberi petunjuk mencapai kebahagiaan |
|
B. |
sumber dari segala
sumber hukum yang berlaku di Negara Indonesia |
|
|
|
|
C. |
memberi corak yang khas
kepada bangsa Indonesia dari bangsa lain |
|
|
|
|
D. |
perjanjian luhur rakyat
Indonesia yang disetujui wakil - wakil rakyat |
|
|
|
12. |
Seiring
dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi komunikasi, terjadi
penyimpangan nilai Pancasila. Merebaknya peristiwa penganiayaan asisten rumah
tangga mengancam lunturnya nilai Pancasila yaitu …. |
|
|
|
A. |
nilai ketuhanan |
|
|
|
C. |
nilai persatuan |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
nilai kemanusiaan |
|
|
D. |
nilai keadilan |
|
|
|
|
|
|
13. |
Isna adalah
ketua OSIS selalu mengajak anggota organisasi berdiskusi dan berkumpul untuk
mengeluarkan pikiran secara lisan dan tulisan, hal tersebut dijamin dalam UUD
1945 yaitu …. |
|
|
A. |
Pasal 28 UUD 1945 |
|
|
C. |
Pasal 31 UUD 1945 |
|
|
|
|
|
|
B. |
Pasal 30 UUD 1945 |
|
|
D. |
Pasal 34 UUD 1945 |
|
|
|
|
|
14. |
Sikap
positif terhadap penanganan kasus korupsi " Kepala Desa " sesuai
pengamalan nilai Pancasila dan Uud 1945 dalam kehidupan bermasyarakat
diyunjukkan dengan sikap …. |
|
|
A. |
mengadakan sabotase
dengan demonstrasi brutal |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
menurunkan jabatan
kepala desa dengan tidak hormat |
|
|
|
|
|
|
C. |
menyerahkan pada proses
hukum yang berlaku |
|
|
|
|
|
|
|
|
D. |
menangkap dan menyerahkan
pada polisi |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
Pengertian
demokrasi secara etimologi berasal dari kata "demos" dan
"kratos" yang mempunyai arti …. |
|
|
A. |
rakyat melawan pemerintah |
C. |
pemerintahan oleh rakyat |
|
|
|
|
|
B. |
rakyat yang diperintah |
|
D. |
rakyat menjadi pemerintah |
|
|
|
|
16. |
Pemerintahan
demokrasi di Indonesia menjalankan pemerintahan berdasarkan kehendak rakyat
melalui wakil - wakil rakyat yaitu …. |
|
|
A. |
MPR, DPR, DPRD dan BPK |
|
C. |
MPR, DPR, DPRD dan MK |
|
|
|
|
|
B. |
MRP, DPR, DPRD dan DPD |
|
D. |
MPR, DPR, DPRD dan MA |
|
|
|
|
17. |
Perhatikan bentuk -
bentuk penyampaian pendapat di bawah ini ! |
|
|
|
|
|
|
1 |
pemilihan kepala desa
oleh masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
kritisi kebijakan desa
dengan memberi masukan |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
masalah masyarakat
diselesaikan dengan musyawarah |
|
|
|
|
|
|
4 |
pemilihan presiden dan
wapres |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari
pernyataan di atas menunjukkan pelaksanaan kehidupan yang demokratis di
lingkungan masyarakat ialah …. |
|
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
1, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2 dan 4 |
|
|
|
D. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
18. |
Pernyataan berikut
manakah yang merupakan contoh kedaulatan kedalam …. |
|
|
|
A. |
Memilih dan mengadakan
perjanjian kerja sama dengan negara lain |
|
|
|
|
B. |
Memilih dan mengirim
pasukan perdamaian PBB ke negara lain |
|
|
|
|
|
C. |
Memilih dan
menyelenggarakan pemilihan presiden |
|
|
|
|
|
|
|
D. |
Memilih cabang olah raga
yang diikuti dalam olimpiade. |
|
|
|
|
|
|
19. |
DPR-RI
sebagai wakil rakyat mempunyai tugas yang sangat berat. Dalam penyelenggaraan
negara mempunyai tiga macam fungsi yaitu …. |
|
|
A. |
pengawasan, legislasi dan
yudikasi |
C. |
pengawasan, legislasi dan
seleksi |
|
|
|
B. |
pengawasan, legislasi dan
eksekusi |
D. |
pengawasan, legislasi dan
anggaran |
|
|
20. |
Pelaksanaan
pemilihan kepala desa di daerah tertentu menimbulkan kerusuhan dan bentrokan
antar pendukung. Sikap terpuji dalam menerima sebuah kekalahan dalam proses
pemilihan secara langsung adalah …. |
|
|
|
A. |
mencari kecurangan lawan
yang menang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
tidak mau menerima karena
bukan pilihan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. |
menerima dan mendukung
calon terpilih |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. |
mengadukan ke pihak
berwajib agar dibatalkan |
|
|
|
|
|
|
|
21. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
membayar simpanan di bank |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
membayar pajak tepat
waktu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
mentaati peraturan
perundangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
mentaati kebijakan
pemerintah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari
pernyataan di atas yang menunjukkan sikap yang positif terhadap pemerintahan
adalah …….. |
|
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
1, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2 dan 4 |
|
|
|
D. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
22. |
Pemerintah
Provinsi Jawa Tengah diberi kewenangan Pemerintah Pusat untuk mengatur dan
mengurus rumah tangga pemerintahannya sendiri. Provinsi Jawa Tengah disebut
…. |
|
|
A. |
daerah otonom |
|
|
|
C. |
desentralisasi |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
otonomi daerah |
|
|
|
D. |
dekonsentrasi |
|
|
|
|
|
|
23. |
Penyerahan
wewenang pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom mempunyai
tujuan sebagai berikut, kecuali …. |
|
|
A. |
peningkatan pelayanan
pemerintah |
C. |
mendorong disintegrasi
bangsa |
|
|
|
|
B. |
peningkatan kesejahteraan |
|
D. |
mendorong pemerataan
pembangunan |
|
24. |
Sebelum era
reformasi, pelaksanaan pemerintahan daerah terpusat pada kekuasaan tunggal
yang diatur oleh pemerintah pusat secara langsung yang disebut … |
|
|
A. |
desentralisasi |
|
|
|
C. |
dekonsentrasi |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
sentralisasi |
|
|
|
D. |
tugas pembantuan |
|
|
|
|
|
25. |
Dalam
pelaksanaan pemerintahan daerah, Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi
atas pemerintahan daerah yang diatur dalam Undang - Undang Dasar 1945 yaitu
…. |
|
|
A. |
desentralisasi |
|
|
|
C. |
dekonsentrasi |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
sentralisasi |
|
|
|
D. |
tugas pembantuan |
|
|
|
|
|
26. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Hubungan luar negeri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Hankam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Keuangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Peradilan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari pernyataan di
atas yang merupakan urusan pemerintahan pusat adalah …….. |
|
A. |
1, 2, 3 dan 4 |
|
|
|
C. |
1, 2, 3 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2, 4 dan 5 |
|
|
|
D. |
2, 3, 4 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
27. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Pajak dan restribusi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pengelolaan kekayaan
daerah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
BUMD |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
PAD |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
DAU |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdasarkan
pernyataan di atas, yang merupakan pendapatan asli daerah adalah …. |
|
A. |
1, 2, 3 dan 4 |
|
|
|
C. |
1, 2, 3 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2, 4 dan 5 |
|
|
|
D. |
2, 3, 4 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
28. |
Contoh
kebijakan publik dari pemerintah yang sesuai aspirasi rakyat dan meningkatkan
kesejahteraan ialah …. |
|
|
A. |
Penghapusan subsidi BBM |
|
C. |
Penghapusan pajak UKM |
|
|
|
|
|
B. |
Penghapusan subsidi
listrik |
|
D. |
Penghapusan Pajak PBB |
|
|
|
|
29. |
Contoh
kebijakan publik dari pemerintah yang sesuai aspirasi rakyat dan meningkatkan
kesejahteraan ialah …. |
|
|
A. |
Penghapusan subsidi BBM |
|
C. |
Penghapusan pajak UKM |
|
|
|
|
|
B. |
Penghapusan subsidi
listrik |
|
D. |
Penghapusan Pajak PBB |
|
|
|
|
30. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Kemajuan tehnologi
komunikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
munculnya pornografi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
memiliki jiwa
materialisme |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
hilangnya nasionalisme
dan heroisme |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
memiliki etos kerja yang
tinggi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdasarkan
pernyataan di atas, yang merupakan pendapatan asli daerah adalah …. |
|
A. |
1, 3 dan 5 |
|
|
|
C. |
3, 4 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
D. |
4, 5 dan 1 |
|
|
|
|
|
|
31. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Kemajuan tehnologi
komunikasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
munculnya pornografi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
memiliki jiwa
materialisme |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
mempunyai sikap
kompetitif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
memiliki etos kerja yang
tinggi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berdasarkan
pernyataan di atas, yang merupakan pendapatan asli daerah adalah …. |
|
A. |
1, 3 dan 5 |
|
|
|
C. |
3, 4 dan 5 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
D. |
4, 5 dan 1 |
|
|
|
|
|
|
32. |
Dalam
perkembangan di era globalisasi, pelajar mempunyai tantangan untuk menangkal
pengaruh negatif pergaulan modern. Salah satunya penculikan remaja putri
karena pengaruh pergaulan melalui …. |
|
|
|
A. |
Facebook |
|
|
|
|
C. |
G-mail |
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
E-mail |
|
|
|
|
D. |
Twitter |
|
|
|
|
|
|
|
33. |
Nilai
positif yang dapat diambil oleh pelajar Indonesia dalam pergaulan era
globalisasi dari negara lain ialah …. |
|
|
A. |
pola hidup individual |
|
|
C. |
kebiasaan hidup mewah |
|
|
|
|
|
B. |
disiplin dan kerja keras |
|
D. |
cara berpakaian ala barat |
|
|
|
|
34. |
Hasil yang
dicapai dari apa yang telah dikerjakan atau yang telah diusahakan oleh
seseorang dengan kerja keras adalah …. |
|
|
A. |
pola hidup individual |
|
|
C. |
kebiasaan hidup mewah |
|
|
|
|
|
B. |
disiplin dan kerja keras |
|
D. |
cara berpakaian ala barat |
|
|
|
|
35 |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
harga diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
potensi diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
kemauan diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
motivasi diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari
pernyataan di atas, Prestasi sebagai wujud nyata dari optimalisasi
pengembangan dari …. |
|
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
3, 4 dan 1 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
D. |
4, 1 dan 2 |
|
|
|
|
|
|
36 |
Seseorang
yang berprestasi cemerlang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal,
yang termasuk faktor eksternal adalah kecuali …. |
|
|
A. |
tetangga |
|
|
|
|
C. |
kecerdasan |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
orang tua |
|
|
|
|
D. |
masyarakat |
|
|
|
|
|
|
37. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
memiliki idealisme |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
memiliki egoisme |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
emosional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
pesimis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Potensi diri yang
negatif ditunjukkan oleh pernyataan …. |
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
3, 4 dan 1 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
D. |
4, 1 dan 2 |
|
|
|
|
|
|
38. |
Sikap
kompetitif dari generasi muda Indonesia untuk meraih prestasi luar biasa yang
harus dikembangkan sikap sebagai berikut, kecuali …. |
|
|
A. |
percaya diri |
|
|
|
C. |
rendah hati |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
rendah diri |
|
|
|
|
D. |
kekuatan hati |
|
|
|
|
|
|
39. |
Kemampuan
seseorang menggunakan kata - kata secara tertulis maupun secara lisan dalam
pergaulan sehari - hari dinamakan kecerdasan …. |
|
|
A. |
sosial verbal |
|
|
|
C. |
matematis |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
kinestetik |
|
|
|
|
D. |
linguistik |
|
|
|
|
|
|
|
40. |
Bekal utama
yang harus dimiliki dan dikuasai untuk dapat bersaing dalam persaingan dunia
kerja di pasar bebas era globalisasi adalah …. |
|
|
A. |
ilmu pengetahuan dan iman
taqwa |
C. |
kejayaan dan ilmu
pengetahuan |
|
|
|
|
B. |
kekayaan dan ilmu
pengetahuan |
D. |
ketenaran dan ilmu
pengetahuan |
|
|
41. |
Putri
adalah pelajar yang berprestasi dalam bidang olah raga sehingga mempunyai
kesibukan yang padat dan sering meninggalkan sekolah untuk mengikuti lomba,
sikap yang sebaiknya dilakukan adalah …. |
|
|
|
A. |
skala prioritas dan
optimalisasi kemampuan diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
berlatuh dengan keras
tanpa mengenal waktu |
|
|
|
|
|
|
|
|
C. |
strategi yang
menguntungkan diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. |
mengembangkan kemampuan
diri saja. |
|
|
|
|
|
|
|
|
42. |
Perhatikan ciri - ciri
dari generasi muda Indonesia di bawah ini …. |
|
|
|
|
|
|
Thori |
Abdul |
Berkah |
Dhimas |
|
1 |
disiplin |
1 |
disiplin |
|
1 |
disiplin |
|
|
1 |
disiplin |
|
|
|
2 |
ikhlas |
2 |
ikhlas |
|
2 |
emosional |
|
|
2 |
ikhlas |
|
|
|
3 |
beriman |
3 |
beriman |
|
3 |
beriman |
|
|
3 |
beriman |
|
|
|
4 |
tekun |
4 |
khawatir |
|
4 |
tekun |
|
|
4 |
ceroboh |
|
|
|
5 |
sabar |
5 |
sabar |
|
5 |
realistis |
|
|
5 |
sabar |
|
|
|
Dari tabel diatas yang
menunjukkan ciri - ciri berprestasi unggul adalah ……. |
|
|
|
|
A. |
Abdul |
|
|
|
|
C. |
Thori |
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
Berkah |
|
|
|
|
D. |
Dhimas |
|
|
|
|
|
|
|
43. |
Evan Dimas
adalah pemain sepak bola sukses, mempunyai prestasi olah raga membanggakan
karena terpilih menjadi kapten Timnas U - 19. Untuk dapat meniru Evan Dimas,
usaha yang harus dilakukan ialah ….. |
|
|
|
A. |
mempunyai keturuna olah
ragawan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
mempunyai badan yang kuat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. |
mempunyai alat yang
mendukung |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. |
mempunyai semangat dan
bekerja keras |
|
|
|
|
|
|
|
|
44. |
Kemampuan
seorang pelajar yang berprestasi akademik dalam dalam taraf nasional dan
internasionaldapat dengan mengikuti ….. |
|
|
A. |
Olimpiade Olah Raga |
|
|
C. |
Indonesia Idol |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
Olimpiade Sains |
|
|
|
D. |
Indonesia mencari bakat. |
|
|
|
|
45. |
Salah satu
karya budaya bangsa Indonesia yang menjadi warisan dunia dan menjadi tujuan
wisata Religius umat agama Budha ialah……. |
|
|
A. |
Candi Prambanan |
|
|
C. |
Candi Kalasan |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
Candi Mendut |
|
|
|
D. |
Candi Borobudur |
|
|
|
|
|
46. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
memiliki idealisme |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
memiliki Kreatifitas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Pesimis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Optimis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Potensi diri untuk
berprestasi dapat ditunjukkan oleh
pernyataan …. |
|
A. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
C. |
3, 4 dan 1 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
D. |
4, 1 dan 2 |
|
|
|
|
|
|
47. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Memiliki etos kerja dan
rajin belajar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
menyikapi perubahan
secara pasif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
pengendalian dri yang
kuat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
selalu mencontoh orang
lain |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Potensi diri untuk
berprestasi dapat ditunjukkan oleh
pernyataan di bawah ini kecuali …. |
|
A. |
1, dan 2 |
|
|
|
|
C. |
1, dan 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
B. |
2, dan 3 |
|
|
|
|
D. |
2, dan 4 |
|
|
|
|
|
|
|
48. |
Prestasi
diperoleh bukan karena kebetulan, melainkan didapat dari usaha dan
pengorbanan, oleh karena itu perlu dilakukan berbagai upaya untuk memperoleh
prestasi tersebut kecuali ….. |
|
|
|
A. |
ketekunan |
|
|
|
|
C. |
kerja keras |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
kedisiplinan |
|
|
|
D. |
rendah diri |
|
|
|
|
|
|
|
49. |
Perhatikan pernyataan
berikut di bawah ini : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
belajar dengan sungguh -
sungguh |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
meraih prestasi setinggi
mungkin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
mentaati tata tertib
sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
mengikuti kegiatan pemilu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dari
pernyataan tersebut di atas, yang merupakan peran serta pelajar untuk
berprestasi adalah ….. |
|
|
A. |
1, 3 dan 4 |
|
|
|
C. |
1, 2 dan 3 |
|
|
|
|
|
|
|
B. |
1, 2 dan 4 |
|
|
|
D. |
2, 3 dan 4 |
|
|
|
|
|
|
50. |
Di bawah
ini adalah merupakan contoh sikap positif yang harus dikembangkan generasi
muda untuk dapat mencapai prestasi diri dalam berbagai kehidupan, kecuali … |
|
|
A. |
etos kerja dan rajin
belajar |
|
C. |
mampu menjadi contoh orang lain |
|
|
|
B. |
emosional yang tinggi |
|
|
D. |
Menyikapi perubahan
secara positif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 Response to "Soal-Ujian-SMP-Kelas-9-Pkn"
Posting Komentar