Berbagi itu indah

Hidup sesudah mati (10)

 

Hidup Sesudah Mati (10)

Assalamu ‘Alaikum Wr Wb

Salam 234, dalam kajian berikut saya akan mengetengahkan hasil dari kegiatan Jihad Pagi MTA Pusat Surakarta yang memberi pelajaran kepada saya tentang Hidup sesudah mati bagian yang kesepuluh. Brosur ini saya simpan di sini dengan maksud agar tidak mudah hilang dan bisa saya buka sewaktu-waktu. Adapun bagi sahabat dan teman-teman yang menginginkan Brosur Aslinya bisa menghubungi MTA Pusat Surakarta, atau juga bisa Download di bagian yang saya sediakan.

#brosurjihadpagi

Ahad, 04 Oktober 2020/16 Shafar 1442

Brosur No. : 2023/2063/IF

~

Hidup Sesudah Mati (10)

~

~

Setelah terjadi Yaumus-Saa'ah (hari kehancuran alam, dan semua makhluq sudah dimatikan oleh Allah), kemudian ditiuplah sangkakala yang kedua, maka terjadilah Yaumul-Ba'ts. 

~

Firman Allah SWT :  

~

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing). (68) 

Dan terang benderanglah bumi (padang mahsyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing) dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan diantara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan. (69) 

Dan disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan) apa yang telah dikerjakannya dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan. (70) [QS. Az-Zumar : 68-70] 

~

pada hari ketika tiupan pertama menggoncangkan alam, (6) 

tiupan pertama itu diiringi oleh tiupan kedua. (7) 

Hati manusia pada waktu itu sangat takut, (8) 

pandangannya tunduk. (9) 

(orang-orang kafir) berkata, “Apakah sesungguhnya kami benar-benar dikembalikan kepada kehidupan yang semula ? (10) 

Apakah (akan dibangkitkan juga) apabila kami telah menjadi tulang-belulang yang hancur lumat ? (11) 

Mereka berkata, “Kalau demikian, itu adalah suatu pengembalian yang merugikan”. (12) 

Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah dengan satu kali tiupan saja, (13) 

maka dengan serta-merta mereka hidup kembali di permukaan bumi. [QS. An-Naazi’aat : 6-14] 

~

Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari quburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (51). 

Mereka berkata, "Aduh celakalah kami ! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur) ?". Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya). (52) 

Tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan saja, maka tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. (53). [HR. Yaasiin : 51-53]  

~

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. (12) 

Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). (13) 

Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluq yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (14) 

Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. (15) 

Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari qiyamat. (16) [QS. Al-Mu'minuun : 12-16] 

~

Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari qubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan diantara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) diantara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (5) 

Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala suatu, (6) 

dan sesungguhnya hari qiyamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam qubur. (7) [QS. Al-Hajj : 5-7] 

~

Orang-orang yang kafir mengatakan, bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah, "Tidak demikian, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. [QS. At-Taghaabun : 7]  

~

Dan mereka selalu mengatakan, "Apakah apabila kami telah mati dan menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kami benar-benar akan dibangkitkan kembali ?, (47) 

apakah bapak-bapak kami yang terdahulu (dibangkitkan pula) ?". (48) 

Katakanlah, "Sesungguhnya orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terkemudian, (49) 

benar-benar akan dikumpulkan di waktu tertentu pada hari yang dikenal. (50) [QS. Al-Waaqi'ah : 47-50] 

~

Dan apabila mereka diberi pelajaran mereka tiada mengingatnya.(13) 

Dan apabila mereka melihat sesuatu tanda kebesaran Allah, mereka sangat menghinakan. (14) 

Dan mereka berkata, "Ini tiada lain hanyalah sihir yang nyata. (15) 

Apakah apabila kami telah mati dan telah menjadi tanah serta menjadi tulang belulang, apakah benar-benar kami akan dibangkitkan (kembali) ?. (16) 

Dan apakah bapak-bapak kami yang telah terdahulu (akan dibangkitkan pula)?". (17) 

Katakanlah, "Ya, dan kamu akan terhina". (18) 

Maka sesungguhnya kebangkitan itu hanya dengan satu teriakan saja, maka tiba-tiba mereka melihatnya. (19) [QS. Ash-Shaffaat : 13-19] 

~

Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam qubur) itu melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. [QS. Luqmaan : 28] 

~

Dan mereka berkata, "Apakah bila kami telah menjadi tulang belulang dan benda-benda yang hancur, apa benar-benarkah kami akan dibangkitkan kembali sebagai makhluq yang baru ?". (49) 

Katakanlah, "Jadilah kamu sekalian batu atau besi, (50)

 atau suatu makhluq dari makhluq yang tidak mungkin (hidup) menurut pikiranmu". Maka mereka akan bertanya, "Siapa yang akan menghidupkan kami kembali ?". Katakanlah, "Yang telah menciptakan kamu pada kali yang pertama". Lalu mereka akan menggeleng-gelengkan kepala mereka kepadamu dan berkata, "Kapan itu (akan terjadi) ?". Katakanlah, "Mudah-mudahan waktu berbangkit itu dekat", (51)

 yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya dan kamu mengira, bahwa kamu tidak berdiam (di dalam qubur) kecuali sebentar saja. (52) [QS. Al-Israa' : 49-52]  

~

Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu. [QS. Al-Mujaadalah : 6] 

~

Barangsiapa berpaling daripada Al-Qur'an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari qiyamat (100) 

mereka kekal di dalam keadaan itu. Dan amat buruklah dosa itu sebagai beban bagi mereka di hari qiyamat, (101) 

(yaitu) di hari (yang di waktu itu) ditiup sangkakala dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru muram; (102) 

mereka berbisik-bisik diantara mereka, "Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sepuluh (hari)". (103) 

Kami lebih mengetahui apa yang mereka katakan, ketika berkata orang yang paling lurus jalannya diantara mereka, "Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sehari saja". (104) [QS. Thaahaa : 100-104] 

~

Dan pada hari terjadinya qiyamat, bersumpahlah orang-orang yang berdosa, "Mereka tidak berdiam (dalam qubur) melainkan sesaat (saja)". Seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran). (55) 

Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir), "Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam qubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu, akan tetapi kamu selalu tidak meyaqini(nya). (56) 

Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang dhalim permintaan udzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi. (57) [QS. Ar-Ruum : 55-57]  


Bersambung ……..


Brosur asli bisa di lihat di sini (Download di sini)

0 Response to "Hidup sesudah mati (10)"

Posting Komentar